Blog
ini ditujukan hanyalah untuk berbagi..
berbagi hal yang belum sempat terucapkan lewat kata-kata dan tertumpahkan dengan tulisan,,
Memulai jejak dalam sebuah tulisan.
Menorehkan tinta sejarah hingga ia dikenal nyata.

Sejarah kehidupan dalam sebuah bingkai.
Melompati setiap ekstase dengan semangat menyala.

Walau terkadang lampu - lampu jalanan turut menghiasi medan menuju setiap tahap kemenangan, pengharapan dan sebuah pembelajaran tentang Kebijaksanaan.

Semua tertuang untuk sebuah cerita.
Cerita hidup yang aku, kau dan kita adalah pelaku setianya.
Hingga kemudian Cahaya gemilang itu mampu kau renggut, kau peluk dengan tanganmu.

Senin, 08 Oktober 2012

Mental Hadapi Dunia Pasca kampus (disertai analisis IpeKa.he)

Alhamdulillah.. Segala Puji bagi Allah yang mengaruniakan Nikmat-Nya.

Sungguh, saya sudah merasa berdosa banget sama nih Blog, saking lamanya nggak dibuka-buka. Untung gak lumutan ya..cuma debuan.hehe

Sebelum ngebuka nih blog (yang akhirnya bisa dibuka juga. Makasih Ya Allah..:)..), sempet keliling-keliling dulu, muter-muter en ngecek kabarnya blog temen-temen satu-satu. 
Ada yang rajin banget nge-blog, tulisan-tulisannya menginspirasi, ada juga yang nasibnya sama kayak blog saya, jarang diposting.he

Yang buat saya kagum nih, sama blog dan cerita-cerita dari sahabat saya ----> Muth El Hadi .. Salut dengan perjuanganmu saudariku.. Kau banyak memberikan inspirasi buatku. Mimpi - mimpimu itu kau raih dengan perlahan namun pasti. Saya yakin, engkau kelak akan menjadi orang besar. Orang hebat yang akan membuktikan mimpi-mimpinya pada orang banyak. Terus dan tetap berjuang ya! Luv u..^__^ (ehm, bunganya manaaaaa...hehe)

Oke, hari ini isi blognya tentang sebuah pembelajaran. Belajar darimu yang menginspirasi..

Oh iya ya, cuma mau ngasih tahu. Tepatnya tanggal 27 September 2012 kemarin saya wisuda, wisuda ke 104 Universitas Sriwijaya, meski udah lama status dinisbahkan sebagai Sarjananya, tepatnya tanggal 10 Agustus, tapi kayaknya belum afdol kao belum di wisuda.he

Cuma mau ngasih tau aja nih. Ngaku deh, wisuda itu pasti sesuatu hal yang paling dinanti-nanti oleh seluruh ummat mahasiswa, bahkan sekarang udah pada syndrom pengen cepet-cepet aja tuh selesai, kalo bisa dua tahun deh. iya gak..hehe
Emang sih, pas wisudanya, hari-H nya, rasanya seneeeeeeeeng banget.. kalo kata pepatah tuh, ilmu 4 tahun dihapus wisuda sehari.he..gak dink.. Apalagi kalo ada yang ngasih bunga, boneka, dll.. wih,, pasti bakalan seneng banget deh. Oh iya, makasih ya buat sahabat-sahabatku, saudara-saudaraku, teman-temanku..atas hadiahnya... hadiah - hadiah tulus darimu menjadi motivasi tersendiri buat saya dan buatmu. Mengingatkan juga bahwa bagian terpenting itu selain kompetensi adalah JARINGAN, inget Jaringan alias Networking. Penting banget buat dunia pasca kampus... Menjalin silaturahim.. karena dari silaturahimlah rezeki-rezeki kita yang masih menggantung di langit berjatuhan ibarat hujan.

Semua kebahagiaan-kebahagiaan diatas cuma berlangsung sehari. Inget, sehari doank! selepasnya, kamu akan sibuk ditanyain tentang "kapan?" Kapan kerja, kapan nikah, kapan punya anak, kapan punya cucu..hehe, yang nanya pun beragam, dari keponakan sampe buyut kita, tetangga, orang baru kenal juga kadang. Dan pertanyaan tentang "kapan" ini biasanya buat kita pengen balik lagi jadi mahasiswa atau melepaskan segala mimpi kemudian bekerja asal kerja aja. Yang kalo ditanya tetangga ada jawabannya. Ya, gitu..

Nah terus, buat kamu termasuk saya yang udah terlanjur wisuda ini mesti gimana donk..? First, ayo deh, cepet-cepet ubah mindset kamu tentang kehidupan pasca kampus. Kerja itu mudah, siapa aja bisa kok, manajer, asisten, supervisi, pegawai, nyuci piring, nyapu, ngepel,,kerja juga kan...(nyengir)
Kerjaan- kerjaan di atas semuanya gak ada yang mandiri, semuanya serba diperintah, serba didikte, serba ditentuin. Boleh banget buatmu yang tipe orangnya bisa di bawah tekanan (tekanan gaji yang ditentuin, tekanan pangkat yang gak kunjung naik. Peace..he). Lain soal jika kamu orangnya suka dengan tantangan, yang punya ide brilian, yang jika idenya gak dikeluarin bisa galau seharian, yang berpikir out of the box, yang unik dan beda, yang berani, yang siap rugi, yang sia untung juga. So, udah, yakinkan aja dalam hatimu, jadi Wirausaha! Buka lapangan kerja! 
kata yang baca: "enak banget ya ngucapinnya, ngejalaninannya susah banget kaliii..."
Iya, memang susah..jika kamu gak pernah mulai. Kuncinya adalah memulai. Sesuatu yang gak pernah kamu mulai mana bisa ada hasilnya.. Mulai lah dari awal. Jika mimpimu ibarat gunung. Maka lihatlah gunung itu dari tanah setapak yang ada dihadapanmu, telusuri ia selangkah demi selangkah, bisa jadi selama perjalanan menuju gunung kamu diterpa badai, binatang buas atau sesekali harus merangkak serta bergelut dengan pasir dan abu vulkanik yang panas. Berhentilah jika kamu telah kehabisan tenaga, berhenti bukan untuk bermalas-malasan dan berleha-leha, melainkan untuk merenung, mengevaluasi dan menyiapkan tenaga yang lebih power dari sebelumnya. 

Tentang sakit, jangan risau dan bersyukurlah. Bisa jadi ini adalah cara Allah untuk mempersiapkan takdir yang lebih baik. Sakit yang disyukuri akan membuat mentalmu lebih sehat dan dosa - dosamu diampuni layaknya daun-daun kering yang berguguran dari pohonnya. Nikmatilah ia sebagai proses kesuksesanmu yang dapat kau jadikan cerita dan pengalaman untuk memotivasi orang lain.

Kemudian, jika mimpi untuk berwirausaha itu telah kau miliki, yakinkan kompetensi yang kau punya. Jika merasa belum cukup, maka belajarlah! Ambil setiap masukan, reverensi dan hal apapun yang dapat mendorongmu ke dalam kebaikan.

Jika sudah, maka kamu telah memiliki kunci pertama yang harus dimiliki. Kompetensi! Orang-orang yang memiliki ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.. Maka, belajarlah, belajar tentang apa saja. Msih ada waktu, tidak ada kata terlambat untuk sebuah Kesuksesan!

Dan yang terakhir adalah Networking alias jaringan. Sudah dijelaskan diawal bahwa bersilaturahim adalah jalan jatuhnya rezekimu yang masih menggantung di atas langit. Bertemanlah dengan siapa saja. Jangan negatif thinking, tapi jangan juga terlalu positif, maksudnya lebih berhati-hati, karena tidak semua orang itu baik. Ibarat kalo kata trainer Irpan Sanjaya tuh, jadi orang kalo dah di dunia kerja, jangan bermuka 10 benar. Tahu, 10 benar? ya itu, polos banget, lugu banget, sampe mudah banget ditipu orang lain. Jangan sampe ya. Kerja memang harus profesional, bedakan antara kerja, hadiah dan sedekah. okee

Ingat lho, yang saya pahami dalam sebuah training alias Dauroh (ehm) Pasca kampus, bahwa Dunia itu Kejam! ya, dunia nyata memang kejam! Dunia itu memang keras! maka Gebuklah! Kadang kita harus kejam pada diri sendiri. Jarang sekali segala yang dimulai dengan perasaan gembira kecuali dengan sebuah paksaan. Memaksa diri untuk rajin, kalo penulis memaksa diri untuk menulis. Begitulah semangat, penuh denga paksaan.. Paksaan yang positif tentunya..:)

at Last, udah diusir secara halus nih sama penjaga PSIK.hehe..
Melangkahlah setahap demi setahap, melangkah dari bawah. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kenudian. Rajutlah mimpimu dari titik awal. Kerjakan. Mulailah! dari yang ada! bukan dari yang kecil, tapi dari yang ada! Apapun yang kita miliki saat ini tak kan ada yang sia-sia kecuali kita sendiri yang menyia-nyiakannya. Siip.....

eN buat yang masih mahasiswa atau dah S. TW ( alias sarjana telat wisuda,hee.. salut buat kamu!serius!). Setidaknya kamu masih memiliki waktu untuk mengubah hidup dan masa depanmu dengan rencana yang matang dan lebih baik. Lulus cepat atau lambat bukanlah sebuah masalah. Lulus cepat tapi tak memiliki rencana yang matang juga bukan suatu hal yang baik. Lulus lambat tapi terlena juga bukan hal yang patut dilakukan juga. Intinya, mesti punya rencana alias planning kedepan. Ini serius lho! Jangan remehkan rencana hidupmu. Kalau bisa, milikilah usaha sejak kamu masih mahasiswa, maka ini akan menjadi pegangan jika kamu sudah lulus nanti.

 Nah yang udah terlanjur IPeKa nya 2,dua koma, dst.. gapapa, kamu jangan kecil hati, berbahagialah! Kalo kata pengusaha sukses nih (bukan saya, dia yang bilang), orang yang IpeKanya 3, memang, cari kerjanya mudah dan bisa langsung keterima jadi pegawai apalagi negeri. Tapi karena kemudahan ini ia kemudian akan menjadi orang standar yang puas dengan status kepegawaian dan dengan gajinya yang itu-itu saja. Kecuali kalo niatnya tulus buat mengabdi, tapi kebanyakan saat ini sih..ya gitu de.. banyak korupsi bermunculan dari sektor ini..mudah-mudahan kamu gak ya:)

nah kalo IpeKa kamu 2..maka, kamu memang sulit pada awalnya. Tapi justru karena kesulitan kamu ini kamu menjadi makin semangat buat wirausaha, liat deh 5 hingga 10 tahun ke depan,, kebijakan publik pun bisa kamu pengaruhi karena kamu berhasil menguasai pangsa pasar..wow! lebih menantang bukan!

Nah kalo IPeKa 4... Hebat memang! saluuut! bisa cumlaude! tapi...mana ada perusahaan yang mau gaji kecil pegawainya yang IPeKanya GeDe bangeet.. kecuali kalo dia serius mau jadi ilmuwan yang bakal mengharumkan nama bangsa dan agama..Siip dah!..

en..kalo IpeKa nya nasakom alias 1 koma....wajib berusaha dan berdoa lebiiiih keras ya! hehe....

Intinya, semuanya baik kalo pas pada jalurnya. Punya semangat dan niat yang tulus buat kemajuan Bangsa dan Agama. Apalagi kalo untuk menegakkan kalimah Allah dimuka bumi. Wangi surga dah kecium dari Bumi-Nya. Subhanallah... :D

Dan Ingatlah!

Nahnu Du'at qobla kuli sa'i. Saya adalah Da'i sebelum menjadi apapun..

Semoga sukses selalu menyertaimu, menyertaiku, dan kita semua!

Aamiin Ya Rabbal'alamiin..


kenapa gambarnya ini? dia malu tuh gak punya rencana hidup pasca kampus.hehe






Ruang PSIK, 8 Oktober 2012

14.32PM



5 komentar:

  1. thanks Aliyyah.... Rajin2lah menata 'rumah'mu karena aku tamu rutin di sini.......

    Untuk bunganyaaaa, masih ku simpan di suatu tempat nan indah... kapan2 kan ku sampaikan padamu... ^__^

    BalasHapus
  2. BTWWWW Penegn segera wisuda jugaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin Ya Rabb.. Sukses ya Muth.. doaku menyertaimu:)

      Hapus
  3. AAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN Aliyyaaaaaaaaaah

    BalasHapus